9 Karakter Pengusaha Sukses

9 Karakter Pengusaha Sukses

Pernahkah Anda berpikiran bahwa Anda akan menjadi seorang pengusaha yang sukses, atau menjadi pegawai yang baik dan selalu mendapat gaji? Jika Anda ingin menjadi pengusaha yang sukses memang tidak ada rumus yang jitu.

Dalam banyak penelitian  tentang pengusaha sukses seperti  juga yang dilansir dari powerhomebiz, dikatakan bahwa untuk menjadi pengusaha yang sukses ada sembilan karakteristik yang dimiliki. Coba Anda periksa apakah ada salah satu dari karakteristik itu yang ada pada diri Anda.

 1. Pikirkan kesuksesan

Anda perlu bermimpi besar untuk menjadi sukses. Setiap kisah sukses dimulai dengan mimpi besar. Anda perlu memiliki visi yang jelas tentang apa yang ingin Anda capai. Tapi tidak berhenti di mimpi saja, Anda harus aktif memvisualkan sukses dalam pikiran Anda bahwa Anda hampir dapat merasakan  dan menyentuhnya.

Selain itu, pengusaha sukses memiliki sikap keterbukaan dan keyakinan bahwa dapat memiliki apa yang diinginkannya. Dalam ilmu manajemen telah mengajarkan kekuatan visualisasi untuk melihat Anda dalam pikiran yang telah mencapai impian Anda.

Contoh dalam kekuatan memvisualisasiakan tujuan adalah jika Anda ingin menjadi penulis sukses, bayangkan diri Anda menandatangani buku dalam kerumunan orang yang meminta tanda tangan Anda.  Teknik ini akan memperkuat tujuan Anda dan tetap segar dalam kesadaran Anda.

 2. Selalu bergairah dengan apa yang Anda lakukan

Anda memulai bisnis ini salah satu tujuannya untuk merubah sebagian atau seluruh hidup Anda. Perlu diketahui juga, sebenarnya sukses itu datang dengan mudah, jika Anda mencintai apa yang Anda lakukan.

Tetapi sebaliknya jika Anda tidak bergairah dalam pekerjaan bahkan membencinya, maka sampai satu juta tahunpun Anda tidak akan berhasil meraih impian itu.

Pengusaha yang sukses tidak keberatan dan dalam kenyataan bahwa meraka menempatkan 15 hingga 18 jam sehari  untuk berbisnis karena mereka mencintai apa yang mereka lalukan. Untuk menjadi sukses dalam berbisnis adalah sebuah tantangan dalam kesabaran dan kerja keras, yang hanya dapat dicapai jika Anda bersemangat dan pantang menyerah.

 3. Fokus pada kekuatan Anda

Setiap diri seseorang  memiliki kelebihan dan kelemahan. Agar lebih efektif, Anda perlu mengidentifikasi kekuatan Anda dan selalu berkonsentrasi. Contohnya dalam bisnis, jika Anda tahu bahwa  Anda mempunyai insting marketing yang baik maka manfaatkan kekuatan ini dan bila perlu ikuti pelatihan formal.

 4. Bekerja keras

Setiap pengusaha sukses selalu bekerja keras dan keras. Tidak ada yang mencapai kesuksesan hanya dengan duduk dan menatap dingding setiap harinya. Bekerja keras akan mudah jika Anda memiliki visi, tujuan yang jelas dan bersemangat dengan apa yang Anda lakukan.

 5. Kemaun untuk belajar

Anda tidak perlu bergelar MBA atau PhD untuk berhasil dalam berbisnis. Bahkan ada pengusaha yang tidak menyelesaikan sekolahnya sampai menengah atas. Yang terpenting dari itu ialah keinginan untuk belajar. Salah satu dari belajar itu adalah:

  • Selalu ingin tahu
  • Tertarik pada pengetahuan yang baru
  • Selalu bertanya jika Anda tidak mengerti

Kemauan untuk belajar menjadi lebih penting mengingat perubahaan teknologi yang begitu cepat sehingga pengetahuan tentang bisnis tidak ketinggalan.

 6. Disiplinkan diri Anda

Disiplin diri adalah kunci keberhasilan seseorang. Dengan displin ini banyak pegusaha yang meraih impiannya, baik itu untuk disiplin waktu sampai disiplin manajemen. Dengan begitu para pengusaha sukses itu berusaha lebih keras lagi dan selalu punya keinginan untuk memenangkan pertempuran dalam berbisnsi.

 7. Terus memperluas jaringan

Dalam bisnis perlu ada bantuan apalagi bisnis kecil. Dalam memperluas jaringan ini bisa Anda dapatkan dalam sebuah pertemuan atau sebuah perkumpulan dalam bisnis itu sendiri. Untuk berhasil dalam bisnis Anda perlu memiliki ketrampilan networking yang bagus dan selalu jeli melihat peluang yang ditawarkan kepada Anda.

 8. Sesuai rencana

Anda harus memiliki visi kedepan yang  sesuai rencana agar Anda mempunyai  tujuan dalam berbisnis.  Rencana-rencana ini harus disesuaikan setiap harinya agar Anda fokus terhadap visi yang dijalankan. Rencana ini akan kacau jika Anda tidak konsisten menjalankannya sesuai visi Anda kedepannya. Makanya perlu kemampuan dan ketrampilan agar bisnis berhasil sesuai rencana.

 9. Selalu bertahan dalam berbisnis

Tidak ada yang mengatakan bahwa jalan menuju sukses itu mudah. Meskipun ada niat baik dan kerja keras, kadang-kadang Anda akan gagal. Beberapa pengusaha sukses mengalami kemunduran dan bahkan kebangkrutan. Namun, banyak juga pengusaha yang bangkit dan bertahan dalam berbisnis walaupun hampir mengalami kemunduran.

Kuncinya untuk bangkit dalam bisnis adalah keyakinan. Ingat jika Anda tekun tidak dapat yang menghentikan kesuksesan Anda. (HN)

sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s